GLOBAL AREA NETWORK

GLOBAL AREA NETWORK
(GAN)




Pengertian
Global Area Network (GAN) adalah skala besar dari WAN dan diimplementasikan secara global atau dunia. Jaringan ini bisa disebut juga dengan istilah internet, karena dapat menghubungkan komputer - komputer yang ada di seluruh dunia. Total jaringan terdiri dari sejumlah besar sub-jaringan dengan sebagian besar konektivitas antara jaringan dilakukan dengan menggunakan jaringan nirkabel. Untuk menghubungkannya, maka dibangun jaringan kabel serat optic yang menghubungkan satu benua dengan benua lain, kabel serat optic tersebut dibangun di dasar laut.


Spesifikasi
Spesifikasi tentang Global Area Network (GAN) dikembangkan oleh banyak kelompok dan tidak ada definisi utama tentang GAN ini. Namun umumnya GAN adalah model yang berfungsi untuk mendukung komunikasi mobile yang mencakup beberapa LAN wireless, area yang dilingkupi satelit dan sebagainya. Kecepatan GAN bervariasi mulai dari 1,5 Mbps sampai dengan 100 Gbps dan cakupannya mencakupi ribuan kilometer.


    


GAN adalah model untuk mendukung komunikasi mobile di seluruh jumlah yang sewenang-wenang LAN nirkabel, satelit, area cakupan dll. Tantangan kunci dalam komunikasi bergerak adalah "menyerahkan off" komunikasi pengguna dari satu daerah cakupan lokal ke depan . Dalam Proyek IEEE 802, ini melibatkan suksesi terestrial jaringan area lokal nirkabel (WLAN).


Broadband Global Area Network
Broadband Global Area Network disingkat BGAN merupakan varian dari sistemuntuk mengakses jaringan internet dunia. BGAN dibuat oleh satu perusahaan Inggrisyang mengoperasikan satelit Inmarsat.Inmarsat adalah operator satelit dunia yang sudah beroperasi sejak tahun 1979,yang pada awalnya merupakan satelit komunikasi yang membantu komunitas pemilik kapal laut dengan meluncurkan tiga jenis satelit dari tahun 1990. Dimulai dengansatelit yang memiliki kapasitas 20 MHz sampai I-4 berkapasitas 126 MHz.Inovasi dari Inmarsat ini betul-betul mengubah paradigma jaringan internet.Sebab, di mana saja di seluruh dunia, kita dapat masuk ke internet dengan kecepatantinggi dengan hanya membawa perangkat sebesar kamus (A4 atau A5) dan langsungdisambung ke notebook atau pesawat telepon.Kendalanya adalah biaya masih relatif mahal. Itu karena untuk meluncurkansatelit, sekaligus merawatnya, dibutuhkan biaya yang besar.Inovasi dari Inmarsat memberikan satu peluang bisnis baru. Sebab, denganmemiliki peranti yang mudah dibawa-bawa dan memerlukan daya yang relatif kecil,kita dapat membuat satu jaringan intranet atau jaringan internal dengan lebih fleksibel.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian ADSL Spiliter dan Fungsi ADSL Spiliter

PENGERTIAN SALURAN TELEPON

Download Microsoft Office 2007 Free