Pengertian dan Fungsi Printer Beserta Jenis Jenisnya







Munculnya perangkat keras yang bernama printer di dunia teknologi memang sangat banyak manfaatnya. Selain berfungsi untuk mencetak suatu dokumen, printer juga memiliki fungsi lain yang telah diadopsi dari teknologi lainnya. Sebut saja fungsi menggandakan dokumen (prinsip dan fungsi mesin fotocopy), fungsi memindai (scanning), serta fungsi mengirim data (mesin fax).  

PENGERTIAN PRINTER


Printer adalah perangkat keras (hardware) dimana perangkat ini bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dokumen penting baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian, printer sangat membantu sekali untuk para pekerja kantoran, anak sekolah dan masyarakat pada umumnya yaitu untuk mencetak dokumen yang sangat penting. 


Fungsi Printer



Fungsi printer merupakan untuk mencetak artikel, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya. Adapun istilah resolusi pada printer itu sendiri, yakni dpi  (dot per inch). Maksud dari istilah itu adalah banyaknya jumlah titik dalam tempat yang memiliki luas 1 inci. Apabila semakin besar resolusi printer, maka bisa dipastikan hasil cetakan juga akan semakin keren. Dan sebaliknya, apabila resolusi printer yang diusungnya terbilang kecil, maka hasil cetakan pun juga gak terlalu keren.

Sebagaimana yang telah disebutkan diatas, fungsi printer adalah untuk mencetak data berupa gambar, teks maupun grafik dari laptop atau komputer kedalam media sesuai dengan jenis printer tersebut. Untuk kita ketahui media yang digunakan dalam mencetak teks gambar maupun hasil design tidak hanya berupa kertas saja, akan tetapi dalam pembuatan sablon kaos pada zaman sekarang ini menggunakan printer adalah alternatif penyablonan sistem cepat.

Untuk mengetahui seberapa bagus kualitas hasil cetak suatu printer adalah dengan melihat nilai dot per inchi (dpi) yang biasanya tertera pada kotak printer. Semakin tinggi dpi suatu printer maka hasil printnya akan semakin bagus.

Merek printer yang beredar saat ini diantaranya Canon, HP,Brother serta Epson. Untuk hasil pencetakan pada foto kebanyakan mereka yang bergerak dalam bisnis cetak foto menggunakan printer dengan merek Epson Dan HP. Karena printer dengan merek ini dapat menghasilakan warna yang lebih tajam dan halus. 


Macam Macam Printer Beserta Kelebihan Dan Kekuarangannya   

1. Printer dot matrix


Printer kategori ini menggunakan pita sebagai tinta, dan pin yang berfungsi sebagai alat pemukul untuk mencetak pada bidang kertas berupa titik titik kecil yang merangkai menjadi karakter. Oleh sebab itu hasil cetakan printer ini terlihat kasar dan kurang bagus. Printer ini hanya menghasilkan warna tunggal sesuai dengan warna dari pita yang dipasangkan, biasanya warna merah atau hitam. Kecepatan jenis printer ini sekitar 500 cps (character per second).
Printer Dot Matrix
Kelebihan :
  1.  lebih murah harganya
  2.  dapat mencetak lebih dari 1 rangkap sekaligus
  3.  Pita printer relatif murah

Kekurangan :

  1.  mengeluarkan suara bising saat mencetak
  2.  lambat proses cetaknya
  3.  Tidak bervariasi hasil cetakannya
  4.  Hasil cetaknya kasar

2.Printer InkJet 

Printer jenis ini sudah menggunakan media tinta yang telah terisi pada suatu media penyimpanan dan siap menyemprotkan titik-titik dengan warna-warna kombinasi yang diperintahkan oleh komputer. Karena menggunakan sistem semprotan maka hasil yang didapatkan lebih baik kualitasnya daripada dot matrix karena resolusi jenis printer hingga mencapai 5760 x 1440 dpi. Tinta yang disemprotkan dapat dengan cepat mengering dalam hitungan detik.
Printer InkJet
kelebihan :


  1.   Hasil cetaknya lebih cepat dibanding dot matrix
  2.   Kualitas cetaknya cukup baik
  3.   Tidak bising ketik mencetak

Kekurangan :


  1.  Harga relatif lebih mahal dibanding dot matrix
  2.  Tinta printer relatif mahal
  3.  Tidak dapat mencetak lebih dari 1 rangkap

3. Printer Laser

Sesuai dengan namanya laser, jenis printer ini sangat bagus kualitas cetakannya dibanding kedua jenis di atas. Sistem pencetakannya menggunakan infra merah melalui toner (Tinta Bubuk). Karena sistem kerjanya mirip dengan mesin fotocopy, maka hasil yang didapatkan jauh lebih bagus dan Serta gambar yang dicetak pun tajam dan mencetak dengan kecepatan tinggi dan cepat





Printer Laserjet

kelebihan :
  1.  Kecepatan cetak tinggi
  2.  Hasil cetak sudah sangat baik
  3.  Tidak bising

Kelemahan :

  1.  Cepat panas
  2.  Harga relatif lebih mahal
  3.  Tinta cepat habis

4. Printer thermal

Teknik yang digunakan printer ini adalah mengeluarkan panas untuk setiap pin pada head print yang akan mencairkan lilin dan melekatkan pada kertas yang khusus. Prinsip kerja printer ini mirip dengan printer dot matrix hanya saja printer thermal menggunakan panas pada pin nya.

Printer Thermal Epson



Kelebihan :


  1.  Bentuknya relatif kecil
  2.  Cepat dalam mencetak
  3.  Tidak bising

Kelemahan :

  1.  Harus menggunakan kertas khusus
  2.  Tidak bisa mencetak kertas lebar
  3.  Harga relatif mahal

5. Printer Plotter
Printer Plotter

Jenis printer ini keakuratan pencetakan sangatlah dapat diandalkan biasanya digunakan untuk mencetak gambar-gambar berukuran besar seperti lukisan Poster foto dll



kelebihan :


  1.  dapat mencetak kertas yang lebar
  2.  Kecepatan cetak sangat baik
  3.  Kualitas cetak sangat baik
  4.  Tidak bising

Kekurangan :


  1.  Harga relatif mahal
  2.  Banyak Memakan tempat
  3.  Boros tinta

6. Printer Daisy Wheel 









Disebut Daisy Wheel, karena tipe printer ini menggunakan sebuah roda (wheel), yang berisi karakter-karakter. Tiap-tiap karakter pada roda, terletak pada sebuah lengan plastik yang diletakan pada pusat roda, sehingga berbentuk seperti bunga seruni (daisy). Roda yang berisi karakter-karakter akan berputar dan akan berhenti pada roda posisi karakter yag dikehendaki, selanjutnya karakter ini akan diketuk dengan suatu pemukul dan akan dicetak di kertas.


Hasil dari karakter yang tercetak di kertas mempunyai kualitas yang baik, sehingga printer jenis ini digolongkan juga sebagai letter quality printer, tetapi mempunyai kelemahan, yaitu lebih lambat dibandingkan dengan printer tipe dot matrix. Kecepatan mencetak daisy wheel printer sekitar 55 cps (karakter per detik).

7.Printer DTG ( Direct to Garment)
Printer DTG


Printer DGT yang umumnya ada dipasaran lokal tanah air merupakan salah satu bentuk modifikasi atau pengembangan dari dunia printing yang baru. Peminat mesin ini dari dunia sablon kaos yang tadinya sablon warna manual sekarang berkembang menjadi printing kaos digital untuk dapat mencetak t-shirt / Kaos & kain secara langsung tanpa perantara ( tanpa transfer paper).

Printer DTG mempermudah para penjual kaos-kaos satuan untuk bisnis distro. Printer DTG sekarang ini menggunakan modifikasi dari printer merk Epson. Jenis tinta yang digunakannya adalah jenis tinta textil.

Selain bahan katun, printer dtg direct to garment ini juga bisa digunakan untuk mencetak sablon di atas bahan kain handuk, kain Satin, kain TC dan kayu.

Keunggulan  :
  1. Bisa mencetak Full color
  2. Hasil sablon tajam dan merata dengan warna yang memuaskan
  3. Hasil awet dan bisa dicuci berkali-kali seperti hasil sablon manual
  4. Hasil cetak halus meresap ke bahan kain
  5. Tidak usah menggunakan transfer paper
  6. Tidak usah menggunakan mesin press kaos

Kelemahan :

  1. Perawatan head printer yang susah dan cendrung cepat buntu jika tidak merawatnya dengan benar. 
  2. Harga tinta printer sangat mahal dari tinta sablon 
  3. Harga jual jauh lebih mahal dari sablon manual untuk produksi jumlah banyak. 

Sejarah Terciptanya Printer

Perkembangan percetakan atau teknik cetak-mencetak sudah dimulai pada abad ke-14 secara sederhana di Cina. Orang-orang Cina berhasil melakukan inovasi menciptakan tinta dan block printing yg berpengaruh besar terhadap tradisi tulisan. Tapi perkembangan teknik cetak di Cina masih kalah dengan perkembangan di Eropa. Karena alfabet Cina memiliki tingkat kesulitan yang tinggi jika diterapkan di mesin tik, dengan ribuan ideogram spesifik. Sehingga hampir gak ada perubahan dalam hal efisiensi produksi di Cina dibandingkan dengan Eropa. Dan pada awal tahun 1950-an, terjadi perkembangan budaya di Eropa yg membuat kebutuhan proses produksi dokumen tulisan cepat dan murah.
Seorang tukang emas dan usahawan asal Jerman, Johannes Guternberg berhasil mengembangkan teknologi mesin pencetak secara revolusioner. Penemuan mesin cetak ini memungkinkan Alkitab jadi buku pertama yg diproduksi secara massal. Pada tahun 1953, printer berkecepatan tinggi pertama dikembangkan oleh Remington -Rand untuk dimanfaatkan pada komputer Univac.
Pada tahun 1938, Chester Carlson menemukan proses pencetakan kering disebut electrophotography biasa disebut Xerox, teknologi dasar untuk printer laser yang akan datang.
Printer laser asli disebut EARS dikembangkan di Xerox Palo Alto Research Center dimulai pada 1969 dan selesai pada november, 1971. Xerox Engineer, Gary Starkweather diadaptasi teknologi mesin fotokopi Xerox menambahkan sinar laser untuk itu untuk datang dengan printer laser.
Menurut Xerox, ” The Xerox 9700 Electronic Printing System, produk laser printer xerographic pertama, dirilis pada tahun 1977. The 9700, keturunan langsung dari aslinya PARC ” TELINGA ” printer yang dirintis di optik laser scanning, elektronik generasi karakter, dan halaman – format perangkat lunak, merupakan produk pertama di pasar yang akan diaktifkan oleh penelitian PARC. “
Menurut IBM, ” yang pertama IBM 3800 dipasang di kantor akuntansi pusat di Amerika Utara data center FW Woolworth di Milwaukee, Wisconsin pada tahun 1976. ” The IBM 3800 Printing System pertama berkecepatan tinggi industri, printer laser. 1 buah printer laser yang dioperasikan pada kecepatan lebih dari 100 siaran – per – menit. Ini merupakan printer pertama yang menggabungkan teknologi laser dan electrophotography menurut IBM.
Pada tahun 1992, Perusahaan Hewlett Packard merilis LaserJet terkenal 4, pertama 600 dengan 600 titik per inci resolusi laser printer.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian ADSL Spiliter dan Fungsi ADSL Spiliter

PENGERTIAN SALURAN TELEPON

Download Microsoft Office 2007 Free