Layanan Layanan Yang Ada Di Internet

Banyak kemudahan yang dapat diperoleh
dari Internet melalui berbagai fasilitas yang terdapat di dalamnya. Fasilitasfasilitas
yang ada di Internet adalah sebagai berikut. 

1. E-mail (Surat Elektronik)
Secara manual, kamu mengirim surat kepada orang lain melalui Kantor
Pos dengan menyertakan ongkos dalam bentuk perangko. Pengirimannya
memerlukan waktu yang cukup lama, apalagi daerah yang dituju letaknya
jauh. Jika waktu pengirimannya ingin lebih cepat, ongkos yang dikeluarkan
harus lebih besar.
Fasilitas e-mail adalah fasilitas untuk mengirim dan menerima pesan.
Jika dianalogikan, e-mail memiliki fungsi yang sama dengan pengiriman surat
melalui Kantor Pos. Tetapi, terdapat beberapa perbedaan antara mengirim
surat melalui e-mail dengan mengirim surat melalui Kantor Pos, di antaranya
adalah sebagai berikut:

a) Jumlah lembar kertas surat yang akan dikirimkan tidak terbatas karena
diukur dengan ukuran ruang dalam penyimpan (bytes). Kamu dapat
mengirim ratusan bahkan ribuan lembar surat melalui e-mail. Coba kamu
bayangkan jika harus mengirim surat ribuan lembar melalui Kantor Pos.
Berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk membayar biaya
pengirimannya. Oleh karena itu, mengirim surat melalui e-mail akan
lebih praktis dan efisien.

b) Pengiriman pesan atau surat melalui e-mail dapat dilakukan ke banyak
orang sekaligus.

c) Pengiriman pesan atau surat melaui e-mail akan mempercepat waktu
pengiriman. Jika harus menempuh perjalanan ratusan kilometer
antarpulau, maka pengiriman melalui e-mail akan lebih efektif dan
efisien.

d) Pengiriman melalui e-mail tidak dipengaruhi keadaan cuaca. Selama
jaringannya masih baik, pesan akan sampai dengan semestinya. 

2. Mailing List (Milis)

Beberapa orang yang memiliki hobi atau profesi yang sama dapat
berkumpul membentuk sebuah kelompok yang dinamakan mailing list. Jika
diartikan, mailing list merupakan kumpulan atau daftar (list) orang-orang
yang memiliki kegemaran atau profesi yang sama. Misalnya, beberapa orang
siswa yang gemar olahraga dapat membuat milis ”Siswa Olahraga”, siswa
yang gemar komputer dapat membuat milis ”Siswa Komputer, guru-guru
dapat membuat milis ”Guru”, dan sebagainya.
Pesan yang sampai kepada seorang anggota milis akan disebarkan
secara otomatis kepada anggota milis lainnya. Demikian pula pesan yang
dikirim oleh seorang milis akan disebarkan secara otomatis ke anggota
milis yang lainnya. Oleh karena itu, untuk membangun kebersamaan dan
kerjasama sangat baik jika difasilitasi dengan milis. 
3. Chatting
Kata dasar chatting adalah chat, artinya berbincang atau ngobrol. Dalam
fasilitas chatting, kamu dapat berkomunikasi langsung secara tertulis dengan
orang lain yang sama-sama sedang online di Internet.
Chatting merupakan sarana yang murah bagi para pengakses untuk
berkomunikasi secara tekstual. Jadi, pengguna Internet dapat berkomunikasi
melalui tulisan. Kemudian, rekan pengguna yang lain akan membalas dalam
bentuk tertulis pula. Memang ada sedikit kekakuan dibandingkan percakapan
langsung lewat telepon. Namun, bagi pengguna yang sudah biasa, chatting

menjadi kegiatan yang mengasyikkan. 
Gambar 3.5 menggunakan fasilitas Chatting
Perkembangan teknologi komputer dan jaringan telah melahirkan
kemampuan chatting yang disertai suara (sound). Komunikasi lisan melaui
chatting sama dengan komunikasi melalui pesawat telepon. Bagi para
pengguna yang telah melengkapi perangkat komputernya dengan fasilitas
Web Cam, mereka dapat melakukan chatting dengan melihat wajah rekan

yang diajak bercakap-cakap. 
Gambar 3.16 Chatting dengan tambahan fasilitas Web Cam

4. File Transfer Protocol (FTP)
Melalui Internet, kamu juga dapat mengirimkan berkas (file) yang berisi
tulisan, gambar, animasi, musik, atau game kepada temanmu. Ini dapat
dilakukan karena Internet menyediakan fasilitas layanan berupa File Transfer
Protocol (FTP). Fasilitas FTP ini memungkinkan pengguna untuk menyalin file
secara elektronik dari satu komputer ke komputer lainnya di dalam Internet.
Layanan FTP paling banyak digunakan untuk lalu lintas file, khususnya bagi
perusahaan dan organisasi atau perseorangan, yang akan mengirimkan
surat lamaran kerja atau mengirimkan file kepada rekan-rekannya.

5. Telnet
Fasilitas Telnet memungkinkan kamu untuk mengakses sebuah komputer
dalam jaringan Internet seperti layaknya kamu bekerja pada komputer kamu
sendiri. Misalnya, seseorang yang berada di Bandung akan memperbaiki
naskah yang ada di sebuah komputer di Kalimantan. Maka, ia tidak perlu pergi
ke Kalimantan, atau ia tidak perlu meminta dikirim filenya. Dengan fasilitas
Telnet, ia dapat mengakses komputer yang ada di Kalimantan tersebut dan
langsung memperbaiki naskah yang dimaksud. Orang yang akan mengakses
harus memiliki alamat IP, user ID, dan password dari komputer rekannya
agar dapat mengakses secara langsung. Melalui fasilitas Telnet, pengakses
dapat secara langsung bertukar file yang berisi tulisan, gambar, film, lagu,

atau game. 

6. Teleconference (Konferensi Jarak Jauh)
Aplikasi chatting terus dikembangkan sampai tercipta voice chat, yang
kemudian menjadi teleconference. Caranya adalah dengan menambahkan
sound card, termasuk VoIP blaster untuk mengompres suara sehingga
kualitasnya dapat dipertahankan. Ditambah dengan layanan multimedia
Internet, para ahli dapat mengembangkan suatu layanan teleconference yang

lebih sempurna. Tujuannya adalah agar para pengakses yang mengunakan 
Gambar 3.17 Teleconference
Internet dapat melakukan percakapan jarak
jauh dengan saling memandang satu sama
lain.
Seorang pejabat negara dapat melakukan
pertemuan tanpa harus menghadirkan para
pesertanya di suatu tempat. Peserta dapat
tetap berada di tempatnya masing-masing,
namun mereka semua bertemu dalam sebuah
konferensi jarak jauh, dimana mereka dapat
melihat satu sama lainnya, seperti layaknya
berhadapan langsung secara fisik. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian ADSL Spiliter dan Fungsi ADSL Spiliter

Modernisasi

Download Microsoft Office 2007 Free