Cara Mudah Cek data siswa dengan NISN di internet untuk siswa SD-MI/SMP-MTs/SMA-SMK

A.Pengertian NISN


Nomor Induk Siswa Nasional disingkat NISN merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas yang merupakan bagian dari program Dapodik (Data Pokok Pendidikan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Layanan NISN menerapkan sistem komputerisasi yang terpusat dan online untuk pengelolaan nomor induk siswa skala nasional sesuai Standar Pengkodean yang telah ditentukan. Setiap siswa yang terdaftar pada Layanan NISN akan diberi kode pengenal identitas siswa yang bersifat unik ( NISN terdiri dari 10 digit ), standar dan berlaku sepanjang masa yang membedakan satu siswa dengan siswa lainnya di seluruh sekolah se-Indonesia. NISN dikatakan unik karena 3 digit nomor awal merupakan tahun lahirnya siswa yang bersangkutan, misalnya tahun lahir siswa adalah tahun 2004 maka 3 digit awalnya NISNnya yaitu 004 dan 7 digit kode unik di belakangnya.


Mekanisme penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut prosesnya dilakukan secara otomatis oleh mesin komputer pada Pusat Layanan NISN. Penentuan dan pemberian kode pengenal identitas siswa tersebut berdasarkan pengajuan atau masukan (entry) sumber data siswa yang telah divalidasi/diverifikasi oleh setiap sekolah dan atau Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten secara online. 


B.MANFAAT DAN TUJUAN NISN 
Tujuan dan Manfaat :

Mengidentifikasi setiap individu siswa (peserta didik) di seluruh sekolah se-Indonesia secara standar, konsisten dan berkesinambungan.
Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online bagi Unit unit Kerja di Kemendikbud, Dinas Pendidikan Daerah hingga Sekolah yang bersifat standar, terpadu dan akuntabel berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi terkini.
Sebagai sistem pendukung program Dapodik dalam pengembangan dan penerapan program-program perencanaan pendidikan, statistik pendidikan dan program pendidikan lainnya baik di tingkat pusat, propinsi, kota, kabupaten hingga sekolah, seperti: Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Ujian Nasional, PIP, SNMPTN.
1. Langkah-Langkah 

a. pertama tama Kunjungi website di bawah ini (klik)
dengan tampilan seperti ini 


b.  lalu isikan NISN Siswa ke dalam kolom yang tersedia 
Cara Termudah Cek NISN Siswa SD, SMP, SMA secara Online di Internet

c. Lalu Klik Cari 
d. dan akan muncul hasilnya seperti ini
Hasil Pencarian NISN beradasarkan Nomor Induk Siswa Nasional 


2. Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama Siswa, Tanggal Lahir, dan Tempat Lahirnya 
Cara Mencari NISN berdasarkan nama dan tanggal lahir beserta tempat tanggal lahir siswa merupakan cara alternatif jika Anda lupa atau tidak tahu NISNnya. Adapun caranya adalah sebagai berikut :

a.pertama tama  Kunjungi http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data  

Cara mencari NISN berdasarkan nama siswa


Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama dan Tanggal Lahir Siswa serta Tempat Lahir
1). Klik menu " Pencarian Berdasarkan Nama
2). Masukkan nama Siswa
3). Masukkan Tempat Lahir
4). Inputkan tanggal-bulan-tahun lahir dengan format tanggal/bulan/tahun, contoh 15/03/2001
5). Klik Cari

b. Lihat dan Cek Hasilnya 
Cara Mencari NISN Berdasarkan Nama Siswa
 Hasil Pencarian NISN Berdasarkan Nama Siswa

Setelah Anda mengeklik tombol "Cari", maka akan tampil hasil pencarian NISN berdasarkan nama dengan keterangan sebagai berikut :
NISN
Nama Siswa
Jenis Kelamin
Tempat Lahir
Tanggal Lahir
Nah sekarang Anda sudah berhasil mengetahui NISN dan kevalidan data yang ada, jika belum valid, Anda bisa menghubungi operator sekolah Anda untuk membetulkannya.

Mudah Bukan teman teman? selamat mencoba dan bermanfaat 
Good Luck 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian ADSL Spiliter dan Fungsi ADSL Spiliter

PENGERTIAN SALURAN TELEPON

Download Microsoft Office 2007 Free